Jumat, 05 Juni 2009

Kegagalan di tengah keberhasilan

by : Ridho Sudrajat
Kita menyadari bahwa perkembangan dunia saat ini khususnya tentang teknologi informasi dan telekomunikasi sangat cepat dan sangat beragam. Contoh yang saya ambil adalah perkembangan internet. Internet adalah suatu karya besar bagi umat manusia yang menunjukkan betapa berhasilnya manusia dalam dunia telekomunikasi. Dengan internet dapat diperoleh informasi apa saja yang kita perlukan dan kini internet sudah menjadi suatu kebutuhan. Pengguna internet saat ini bukanlah pengusaha atau pejabat pemerintah maupun kalangan tertentu saja, tetapi seluruh masyarakat. Kita semua juga tahu bahwa internet bukan milik kita saja atau milik negara kita maupun milik siapapun. Akan tetapi Internet sudah menjadi milik semua orang dari berbagai macam golongan. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita menjaga internet dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Sekarang ini ada banyak sekali pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di dunia maya. Sudah sepatutnya kita para pengguna internet saling bahu-membahu menumpas kejahatan dan pelanggaran yang terjadi dan bukan menambah pelanggaran itu.
Adapun kali ini saya akan membahas topik yang berjudul " kegagalan di tengah keberhasilan ". Alasan saya mengambil judul ini dikarenakan saya merasa prihatin dengan apa yang terjadi pada saat sekarang ini. Ternyata di tengah keberhasilan umat manusia dalam internet ada juga kegagalan yang menurut saya hal ini sangat paradoks. Internet yang semulanya merupakan tempat bagi para penggunanya untuk bisa saling mengenal, berbagi informasi, dan berkomunikasi demi kemajuan kini sudah berubah menjadi tempat untuk melakukan berbagai macam kejahatan. Kejahatan di internet (cyber crime) kini telah merusak kemajuan yang selama ini telah dicapai contohnya ada banyak sekali penipuan yang terjadi di internet. Bukan hanya itu di internet juga sudah beredar berbagai bentuk situs cabul rendahan yang mulai merusak moral anak bangsa. Para pembuat situs ataupun konten-kontes rendahan di internet seharusnya diSADARkan atau bahkan ditangkap dan diadili. Perlu diketahui oleh para pembuat dan penyebar hal-hal rendahan itu bahwa pengguna internet itu tidaklah dia seorang maupun orang-orang dewasa saja, anak kecil juga banyak yang menggunakan internet. Membuat hal-hal yang rendahan seperti itu bukanlah sebuah kemajuan melainkan suatu kehancuran dan kebodohan. Kemajuan seharusnya membuat kita semakin maju bukan membuat kita semakin mundur. Daripada membuat suatu kebodohan di internet lebih baik kita membuat terobosan baru untuk kemajuan kita bersama.
Pesan saya :
"Mari kita bangun bangsa dengan mengurangi dan menumpas kejahatan di internet karena kemajuan adalah sesuatu yang membuat kita maju bukan yang membuat kita mundur."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar