Jumat, 05 Juni 2009

Memperkecil penggunaan memory file mp3

File mp3 merupakan format file audio yang sangat populer dibandingkan format audio lain seperti aac, amr, wav, oog, mp2, wma, dan lain sebagainya. File mp3 dapat diputar di komputer dengan berbagai aplikasi contohnya winamp, pocket pc, ipod, handphone, dvd player, mp3 player, dan lain-lain. File mp3 biasanya memiliki ukuran kapasitas memory yang cukup besar. Untuk komputer yang mempunyai kapasitas memory yang besar hal tersebut bukanlah masalah. Akan tetapi bagi pemutar mp3 yang memiliki kapasitas kecil seperti handphone hal itu merupakan masalah karena jumlah lagu yang bisa dimuat di handphone sangat terbatas.
Solusi untuk mengatasi masalah itu adalah dengan mengkompress file Mp3 itu dengan memperkecil bitrate (kbps) dan frecuency (Khz) dari file Mp3 itu. Bitrate menentukan kualitas suara yang dihasilkan dan Frecuency menentukan perangkat yang cocok untuk file Mp3 itu. Semakin besar bitrate dan frecuencynya maka semakin besar kapasitas memory yang dibutuhkan. Bitrate yang standar untuk file Mp3 adalah 128kbps, sedangkan frecuency yang standar adalah 44.1Khz.
Salah satu cara mengecilkan file Mp3 adalah dengan menggunakan aplikasi DietMp3. Aplikasi ini dapat memperkecil file Mp3 berdasarkan perangkat yang digunakan untuk memutar file Mp3 dan berdasarkan kualitas suara yang dihasilkan. Aplikasi ini sangat mudah digunakan.
Aplikasi lain yang dapat kita gunakan untuk memperkecil file Mp3 adalah Mp3Resizer. Aplikasi ini memperkecil file Mp3 berdasarkan ukuran bitrate dan frecuency yang tersedia. Tetapi anda harus bisa memilih ukuran bitrate dan frecuency yang sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk handphone saya menganjurkan anda memilih bitrate 32kbps dan frecuency 11Khz. Aplikasi ini juga menampilkan ukuran file Mp3 hasil pengecilan yang anda pilih. Selain memperkecil bitrate dan frecuency Mp3Resizer juga bisa digunakan untuk memperbesar bitrate dan frecuency file Mp3.
Memperkecil ukuran file Mp3 memang berguna untuk menambah jumlah lagu di handphone atau perangkat lain yang memiliki kapasitas memory terbatas. Akan tetapi anda harus mengingat bahwa tidak semua file Mp3 dapat di perkecil. Sebagian file Mp3 memiliki album art (biasanya berupa gambar yang disisipi ke dalam file Mp3) yang tidak dapat diterjemahkan oleh DIETMp3 maupun Mp3Resizer. Dan jika anda memperkecil jenis file Mp3 tersebut maka hasilnya akan berupa file kosong. Saya menyarankan kepada anda agar tidak membuat ukuran file Mp3 menjadi terlalu kecil yang tidak sesuai dengan perangkat pemutar Mp3 yang anda gunakan karena suara yang dihasilkan akan tidak sesuai dengan yang anda harapkan.
selamat mencoba !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar