Senin, 30 Maret 2009

FILE DAN APLIKASI

By : Ridho Sudrajat

Bagi orang yang sudah banyak mengerti tentang komputer, pastilah sudah tidak asing lagi dengan yang namanya "file". Akan tetapi, orang yang masih awam mengenai komputer bila ditanya seputar masalah file biasanya akan bingung menjawab apakah pengertian file. Disini saya akan membahas tentang "file" menurut versi saya sendiri.
Menurut saya, file adalah kumpulan dari kode-kode tertentu yang dapat dibaca oleh suatu aplikasi. Sedangkan aplikasi menurut saya adalah kumpulan file yang diorganisir oleh suatu file yang saya sebut file pengkordinasi, Sedangkan file yang diorganisir saya sebut dengan file terkordinasi. Kumpulan file terorganisasi ini akan dapat melakukan kerja jika ada file yang mengkordinasi. File pengkordinasi maupun file terkordinasi hanya akan dapat menjadi sebuah aplikasi apabila ada pengkordinir aplikasi yaitu sistem operasi. Tanpa sistem operasi, aplikasi yang ada tidak akan bisa digunakan.
Ada beberapa contoh sistem operasi yang terkenal yaitu : Windows, Ms Dos, MacOS, Linux, dan lain sebagainya.
Sistem aplikasi jumlahnya sangat banyak dan bervariasi. Karena itu saya akan membagi aplikasi ke dalam beberapa bagian berdasarkan kegunaannya, yaitu :
1- Aplikasi pengedit file, yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengedit file. Aplikasi jenis ini biasanya juga dapat digunakan untuk menampilkan file. Contohnya Adobe Photoshop, Adobe Photo digunakan untuk mengedit file image/gambar. Ada juga aplikasi yang sejenis Adobe Photoshop misalnya Gimshop. Ada juga aplikasi pengedit file misalnya pengedit file suara dan pengedit file video.
2- Aplikasi pembuat file, contoh aplikasi pembuat file adalah microsoft office, Corel draw, autocad dll. Aplikasi pembuat file biasanya dapat juga digunakan untuk mengedit file atau menampilkan file.
3- Aplikasi penampil file, yaitu aplikasi yang digunakan untuk menampilkan/memutar file. Contohnya : Winamp, Windows media player, real one player, vlc player, acdsee, fastone image viewer, picasa, dll.
4- Aplikasi pengubah ektensi file, yaitu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengubah ekstensi suatu aplikasi agar dapat diputar/ditampikan/dibuka oleh aplikasi penampil file. Aplikasi ini biasa disebut dengan converter.
5- Aplikasi pengompres file, yaitu aplikasi yang dapat menyatukan beberapa file menjadi satu file. Kegiatan itu disebut mengompres file. Dengan aplikasi ini jugalah file-file yang sudah dikompres menjadi satu dapat diuraikan kembali. Contohnya Winrar, winzip, dll.
6- Aplikasi pembuat aplikasi, aplikasi ini digunakan untuk membuat aplikasi yang lain. Contohnya :Multimedia builder, game builder, visual basic, dll.
7- Aplikasi game, yaitu aplikasi yang digunakan untuk memainkan permainan atau game.

Itulah pengetahuan yang dapat saya berikan mengenai aplikasi. Sekarang kita akan kembali lagi kepada persoalan file tadi. Saya membagi file menjadi beberapa bagian yang nantinya akan dibagi lagi. Menurut saya secara umum file dibagi menjadi 3 kategori yaitu :
1- File sistem operasi, yaitu file-file yang membangun sebuah sistem operasi.
2- File sistem aplikasi, yaitu file-file yang membangun sebuah sistem aplikasi. File-file sistem aplikasi ini saya bagi lagi menjadi 2 yaitu, file pengordinasi dan file terkordinasi. File pengordinasi contohnya adalah file yang berekstensi exe. Sedangkan file terkordinasi banyak sekali jenisnya contohnya yang berekstensi dll,txt, dan lain-lain. Ada juga file aplikasi yang belum diinstall biasanya memiliki nama ekstensi exe (executable). File ini apabila diinstall akan terpecah menjadi file-file aplikasi seperti apa yang telah saya jelaskan di awal tadi.
3- File dokumen, yaitu file-file yang dibuat dengan aplikasi pembuat file. File dokumen berdasarkan jenisnya saya bedakan menjadi :
- File grafik(gambar), yaitu file yang merupakan gambar. Contohnya : file yang berekstensi *.Jpg, *.Gif, *.Bmp, *.Psd, *.Png, *.Pcx, *.Tif, *.Ota, dan lain-lain.
- File audio(suara), contohnya file yang berekstensi *.Amr, *.Wav, *.Mp3, *.Mp2, *.Aac, *.Ac3, *.Mid, *.Rng, *.Wma, dan lain-lain.
- File video, contoh ekstensinya adalah *.3gp, *.Avi, *.Wmv, *.Swf, *.Flv, *.Mp4, *,mpg, *.Rm, *.Mov, dan lain-lain.
- File terkompres, yaitu file yang merupakan gabungan dari beberapa file yang disatukan contohnya file yang berekstensi *.Exe, *.Zip, *.Rar, *.Jar, dan lain-lain.
- File tulisan, yaitu file yang berisi tulisan/catatan contoh filenya yang berekstensi : *.Doc, *.Txt, *.Xls, *.Mdb, *.Ppt, dan lain sebagainya.

Mungkin cuma ini yang dapat saya tulis. Semoga tulisan saya ini bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar