Kamis, 12 Maret 2009

VIRTUAL DRIVE

SEPUTAR VIRTUAL DRIVE

By: Ridho Sudrajat

"Tulisan ini sengaja saya buat untuk mempermudah orang agar dapat menyimpan file di internet"

1.Pengertian Virtual Drive
Sebelum kita membahas lebih jauh seputar virtual drive ada baiknya kita membahas tentang pengertian virtual drive. Menurut saya virtual drive (virtual disk) merupakan fasilitas dari internet fungsinya sebagai media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan dan berbagi file kita kepada orang lain yang terdapat di internet.Jadi Virtual drive ini adalah media penyimpanan data/file yang sama fungsinya dengan hardisk,flashdisk,disket, CD/DVD, memory card, dan lain sebagainya. Disini saya menggolongkan virtual drive kepada media penyimpanan nonfisik,yaitu media penyimpanan data yang tidak memiliki wujud yang bersifat inportable(tidak dapat di bawa kemana-mana). Sedangkan hardisk, disket, memory card, flashdisk, CD/DVD, dan sebagainya saya golongkan kepada media penyimpanan fisik, yaitu media penyimpanan data yang memiliki wujud dan bersif at portable, yaitu dapat dibawa kemana-mana.


2.Keunggulan Virtual Drive
Adapun keunggulan yang dimiliki oleh virtual drive dibandingkan dengan hardisk, disket,ataupun media penyimpanan fisik lainnya yaitu:

-File yang tersimpan dalam virtual drive dapat kita buka di komputer mana saja yang terhubung dengan internet. Jadi kalau kita mau menyimpan atau membuka data cukup pergi ke warnet tanpa harus membawa media penyimpan fisik.

-Bagi kamu yang gak punya cukup uang untuk membeli media penyimpanan fisik. Ini akan sangat banyak membantu kamu soalnya kamu gak perlu lagi mengeluarkan uang lebih untuk membeli media penyimpanan fisik.

-Melalui virtual drive kamu dapat melihat komentar mengenai file yang telah diambil oleh orang lain.

-Kapasitasnya relatif besar jika dibandingkan dengan flashdisk yakni mencapai 5,00GB


3.Kelemahan virtual drive
Selain keunggulan, virtual drive juga mempunyai kelemahan. Yaitu lambatnya loading untuk menambahkan atau mengambil data yang kita simpan di virtual drive. Selain itu virtual drive hanya bisa dibuka di komputer yang terhubung dengan internet.

4.Cara Membuat Virtual Drive
Untuk membuat virtual drive kamu pertama sekali harus punya email. Kalau kamu belum punya email kamu dapat membuatnya di yahoo.com. Cara membuat email dari yahoo adalah dengan memilih sign up pada halaman utama yahoo. Lalu ikuti petunjuk yang ada.

untuk membuka klik yahoo.com


Jika email kamu sudah jadi kamu sudah bisa membuat virtual drive. Email disini berfungsi sebagai data kamu pada virtual drive yang akan kamu buat. Jadi kalau kamu gak punya email otomatis kamu gak bisa membuat virtual drive. Selanjutnya kamu harus membuka 4shared.com lalu pilih join/sign up. Sesudah itu kamu tinggal mengisi beberapa data. Maka jadilah virtual drive kamu. Dan kamu bisa memasukkan file yang ingin kamu simpan.

Klik 4shared jika ingin membuat virtual drive

5.Mengatur file pada virtual drive
Pada virtual drive kita bisa mengatur file layaknya windows explorer seperti mengubah nama file, cut/copy/paste, sorting, delete,membuat folder dan lainnya. Jadi bisa memper mudah kita dalam mengatur file.

6.Memasukkan dan mengambil file
Jika kamu mau memasukkan file dalam virtual drive mu caranya dengan mem-browse file lalu diupload tetapi file yang diupload hanya bisa satu per satu. Jika mau mengupload banyak file sekaligus caranya klik tab "multiple" dan tentukan file mana saja yang ingin anda upload. Kalau anda ingin mengambil file yang sudah anda simpan cukup klik ikon download yg ada di sebelah kanan nama file itu.

"Mungkin hanya ini saja yang saya bisa tulis dan saya menunggu kritik dan saran dari anda semua. Terima kasih."

By: Ridho Sudrajat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar